Langkah- Langkah Penting Melatih Bayi Duduk

Langkah- Langkah Penting Melatih Bayi Duduk

Setiap bulannya bayi berkembang dengan cepat. Dari yang Cuma bisa nangis dan tidur, jadi bisa tengkurap, berguling, duduk, berdiri dan berjalan. Setelah melewati masa tengkurap, bunda pasti ingin melihat anak bisa duduk sendiri. sebenarnya perlu tidak kita melatih bayi duduk atau cukup dibiarkan saja sesuai perkembangannya? Sebenarnya bunda perlu menstimulasi, supaya bayi bisa duduk sendiri. bayi bisa mulai duduk sendiri di usia 4-9 bulan. ketika lehernya semakin kuat dan keseimbangan tubuhnya semakin baik. berikut ini langkah penting untuk menstimulasi bayi duduk sendiri.

Biasakan Melakukan Tummy Time

Tummy time dilakukan dengan menengkurapkan bayi di alas. Walaupun bayi belum bisa tengkurap sendiri, bunda tetap harus melakukan tummy time. Mulai dengan waktu yang singkat terlebih dahulu. Jika anda sudah bisa mengangkat kepalanya, bisa tambah waktunya. Dengan melakukan tummy time, bisa membantu menguatkan otot di seluruh tubuh. Termasuk otot leher, otot perut dan tulang belakang bayi.

Bayi Tetap Nyaman Selama Tummy Time

Lihatlah kondisi bayi saat melakukan tummy time. Pastikan dia merasa nyaman di posisi tengkurap. Bunda bisa menggunakan bantal menyusui, untuk membantu memposisikan kepala dan tangannya. Bisa juga dimulai dengan tengkurapkan di kaki bunda. Cobalah ajak berbicara dan bermain saat melakukan tummy time. Berikan mainan kesukaannya. Bila bayi sudah merasa tidak nyaman, segera angkat.

Dudukan Di Kursi Bayi

Jika bayi sudah mampu mengangkat kepalanya sendiri, bunda bisa mendudukannya di kursi bayi. Letakan kursi di tempat yang rata dan aman. Pasangkan sabuk pengaman, supaya tulang belakang bayi tetap tegak. Berikan mainan di depannya, ini akan membantu bayi semakin semangat untuk duduk. Pastikan untuk selalu mengawasinya. Bila leher bayi belum kuat dan belum bisa mengangkat kepalanya sendiri, jangan dipaksakan.

Melatih Keseimbangan

Selanjutnya adalah melatih anak keseimbangan. Saat berada di pangkuan bunda, bayi sudah bisa duduk sendiri. namun belum bisa duduk tanpa sandaran. Bunda bisa memulai untuk melatih keseimbangannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah neuromuskular atau ketidakmampuan sistem saraf dan otot dalam bekerjasama. Salah satu cara melatih keseimbangan dengan duduk di sofa atau kursi bayi. Atau bangku bayi dengan posisi bunda duduk bersila.

Bunda bisa melatih bayi dengan memposisikan bayi tidur telentang. Kemudian tarik kedua tangannya sampai ke posisi duduk. Awal belajar bayi akan terhuyung-huyung, namun latih secara rutin. Ini akan membantu bayi duduk dengan lebih cepat. Jangan lupa untuk ajak bicara, sehingga bayi tahu apa yang harus dia lakukan. Bunda memang harus lebih sabar, bila sampai usia 9 bulan bayi belum bisa duduk sendiri. anda bisa konsultasikan ke dokter anak terlebih dahulu. Itulah beberapa langkah penting melatih bayi duduk.